Ingin Tahu Kerajinan Khas Palembang Terkenal? yuk simaklah dibawah ini!

jika mendengar Palembang, apa yang ada di pikiranmu? tentulah makanan khasnya yang terbuat dari daging tengiri yakni pempek kan? selain itu dikenal memiliki objek wisata yang menarik untuk di kunjungi.

Selain itu Kota Pempek ini memiliki Kebudayaan yang saling berhubungan erat dengan kerajinan. Salah satunya yaitu kerajinan yang berada di Palembang. Apa saja kerajanan tangan khas palembang? yuk simaklah ulasan saya di bawah ini.

Inilah 7 Rekomendasi kerajinan khas Palembang yang menarik dan terkenal

1. seni ukiran Lakuer (Leker)

Kerajinan ini berasal dari istilah bahasa Inggris “lacquer” yang berarti bahan damar yang dihasilkan oleh sejenis serangga. Serangga ini banyak ditemukan di Jepang, Pegunungan Himalaya dan Cina saat mereka bertengger di pohon. Di Jepang, pohon ini disadap setiap sepuluh tahun sekali. Namun di Provinsi Sumatera Selatan pohon ini dikenal dengan nama pohon kemalo.

Lakuer (leker) dalam pembuatannya dengan menggunakan bubut untuk membentuk kayu menjadi silindris atau bulat. Jika ingin membuat bentuk kotak cukup hanya membentuknya dari bilah-bilah papan kayu. Kerajinan ini sebenarnya alangkah lebih baik menggunakan pohon mahoni.

Namun, pohon ini sulit ditemui dan pengrajin menggunakan tambesu sebagai subtitusinya. Kemudian bagian permukaan lakuer diamplas dan dijemur sampai kering. Setelah itu dilukis dengan tinta Cina. Motif yang digunakan terinspirasi dari motif alam. Kerajian ini biasanya diwarnai merah darah hitam, merah kesumba dan emas.

2. Kain Songket Palembang

nama dan sejarah kain songket palembang

Apakah yang anda ketahui tentang songket Palembang? Songket Palembang adalah salah satu karya budaya dari Sumatra Selatan yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Indonesia pada tahun 2013. Karya budaya ini masuk ke dalam domain Keterampilan dan Kemahiran Kerajinan Tradisional dengan nomor pencatatan 201300009. Kenapa bisa di sebut dengan sebut songket Palembang? karena Kain ini merupakan hasil tenunan khas Palembang ini terbuat dari benang emas. Kain ini dibuat secara manual dengan alat tenun, bukan menggunakan mesin pabrikan. Kain ini dipakai pada upacara adat dan acara resmi. Motif dan warnanya pun bermacam-macam.

Bagaimana Teknik Pembuatanya

Songket berasal dari istilah sungkit yang istilahnya mengait” atau “mencungkil” yang secara langsung merepresentasikan metode pembuatannya yaitu:

-Mengaitkan dan mengambil sejumput kain tenun
-Menyelipkan benang emas
-Menenun
-Penyempurnaan

3. Kain Jumputan

jual kain jumput khas Palembang

Kain jumputan adalah kain yang terbuat dari sutera. kain ini dulunya hanya dipakai oleh para gadis Palembang. Namun seiring perkembangan waktu kain ini juga biasa dipakai saat upacara adat . Apa saja ciri khas kain ini? ciri khas kain ini memiliki perpaduan warna yang mencolok diantaranya hijau, kuning dan merah.

4. Mengenal Kain Blongsong asal kota Palembang

kerajinan tangan kain khas Palembang

Kain Blongsong merupakan salah satu kain tradisional dengan motif indah serta warna nya karena blongsong dibuat dari tenunan kain sutera maupun benang katun biasa, Para wanita desa maupun ibu-ibu muda biasanya yang memakai kain ini. Dan Kain ini juga dipakai untuk upacara adat Palembang seperti cukuran, tunangan dan pesta perkawinan sebagai pakaian penerima tamu.

5. Kain Tajung

Kain jenis ini khusus dipakai oleh kaum pria dewasa. Penggunaan kain ini untuk menambah keindahan ketika sang pria mengenakan pakaian teluk belanga atau stelan jas. Kain ini juga bisa dipakai saat acara adat. Kain ini biasa dibuat dari kain sutera dengan warna dan motif yang menarik. Motif yang paling tekernal untuk kain tanjung adalah  limar.

6. Ukiran Khas Palembang

Kayu tembesu dan  kayu mahoni dapat diukir menjadi ukiran yang khas. Kayu tersebut adalah kayu yang khas di kota Palembang. Motif ukiran yang biasanya digunakan adalah dipan, rek pengantin, kursi dan buffet, bunga.

Warna yang dominan pada ukiran ini adalah merah dan emas. Ukiran ini banyak ditemui di bangunan-bangunan lama di Palembang. Ukiran ini menggambarkan keanggunan dan keagungan budaya Palembang.

7. Batik Palembang

Bagikan