Seni Tari Pagar Pengantin Adat Palembang beserta Pembahasanya

Pengertian tari pagar pengantin Palembang

Tari Pagar Pengantin Palembang adalah tari tradisonal yang berasal dari Provinsi Sumatra Selatan.
Tari Pagar Pengantin biasanya di pertontonkan pada acara resepsi pernikahan adat Palembang provinsi Sumatra Selatan secara umumnya.

Makna dari tarian ini yaitu sebagai perpisahan pengantin perempuan kepada keluarga lama atau orang tua dan meminta restu untuk membentuk sebuah keluarga yang baru.

Selain itu, tari pagar pengantin juga memiliki kegunaan sebagai tari penyambutan para tamu undangan yang datang pada acara resepsi pernikahan tersebut.

Keunikan tari pagar pengantin Palembang .

Ternyata Keunikan pada tari ini adalah khususnya penari utamanya adalah sang pengantin perempuan dan diiringi oleh empat orang penari lain sebagai dayang yang mengelilingi penari utama. Saat menari, mempelai wanita akan menari di dalam lingkaran atau nampan emas yang disebut dengan talam dengan menggunakan tanggai atau kuku palsu yang terbuat dari emas di delapan jemari pengantin wanita.

sejarah tarian pagar pengantin.

Berdasarkan sejarahnya, Tari Pagar Pengantin awalnya disusun oleh seorang tokoh yang bernama Hj. Sukainah A. Rojak pada tahun 1960-an. Beliau ini merupakan salah seorang tokoh penari terkenal di Sumatra Selatan khususnya Kota Palembang.

Hj. Sukainah A. Rojak juga merupakan penari pertama yang menarikan Tari Gending Sriwijaya. seiring perkembangannya Tari Pagar Pengantin berkembang baik terutama di kota Palembang sebagai tari pembuka pada saat upacara resepsi pernikahan adat Palembang.

Baju dan bahan yang di pakai ketika menari

pakaian termasuk properti yang digunakan dalam tarian, yakni pakaian kurung bertabur serta kain songket bagi para dayang, dan pastinya pakaian adat aesan gede untuk khusus pengantin perempuan.

Musik dan bahan yang di pakai ketika menari

Musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ialah musik tradisional. Alat musik yang di gunakan terdiri dari gong, ketipung, kenong, dan rebana. Seiring perkembanganya, musik pengiringnya pun dilengkapi dengan berbagai macam alat musik modern yakni keybord, akoredeon, biola, simbal serta saksofon.

Itulah pembahasan dari ampera.co.id mengenai Tari Pagar Pengantin dari wilayah Sumatera Selatan kali ini, semoga apa yang telah saya tulis di artikel ini semoga dapat menambah pengetahuan/ wawasan bagi sobat sekalian.

Bagikan